» » Sharing Bahan Pengenyal Bakso

16 Mei 2015

Membuat bakso dari bahan hanya daging sapi giling.  Bakso enak dan kenyal seperti di warung plus keluarga suka.  Nah penting nich percobaan kemarin didokumentasikan.





Cerita berawal saat membeli daging giling di gang Arifin Medan.  Saat mengantri, melihat karton berisi bahan pengenyal bakso.  Bertanya ke bapak yang punya toko, apa boleh beli?  Ternyata bahan pengenyal bakso tersebut boleh dibeli dengan harga Rp 2500,- kemasan kecil 32 g.


Saat diamati bungkus bahan pengenyal bakso.  Merk Meatball Powder Super Mas; produksi PT KU Tangerang; ada logo halal MUI; ingredient:tepung kentang, tepung tapioka termodifikasi dan sekuesteran pengemulsi; fungsi: bakso lebih kenyal, tidak berlendir, tidak mudah pecah, aroma daging sapi terjaga dan bakso tidak cepat basi.


Dari label tersebut sepertinya bahan pengenyal bakso ini dapat dipercaya.  Semoga tidak mengandung boraks yang berbahaya itu.  Satu bungkus kecil meatball powder 32 g digunakan untuk 1-2 kg daging. 


Bahan pengenyal bakso


Komentar setelah memakai meatball powder
1.  Kalau terlalu banyak menggunakan meatball powder, bakso dapat terasa getar, seperti kalau kebanyakan menggunakan baking powder.
2.  Bakso bisa kenyal
3.  Saat ditiriskan bakso mengempis, dan berwarna menjadi kecoklatan.
4. Setelah bakso dipanaskan lagi, saat akan di hidangkan, bakso kembali mengembang dan menjadi berwarna cerah.


Resep bakso yang dicoba kemarin

Bahan yang diperlukan

350 g daging giling beku sedikit mencair (sekitar 25 % defrozing)
50 g tepung tapioka
1 buah telur
4 siung bawang putih
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/4 sdt royk*
1/4 bungkus meatball powder ( 1-2 sdt)

Tulang sapi
5 siung bawang putih
minyak goreng untuk menumis

Cara membuat

1. Masukkan dalam food processor: daging beku yang dipotong dadu kecil, tapioka, telur, bawang putih, merica, garam, royk*, meatball powder.  Blender hingga halus dan tercampur rata.

2.  Didihkan air dalam panci.

3. Buat bulatan bakso.  Caranya ambil daging giling dalam telapak tangan, kepal tangan sehingga bakso keluar dari lubang antar telunjuk dan jempol.  Ambil bakso dengan sendok lalu masukkan dalam air mendidih.  Tunggu bakso hingga mengambang.  Angkat bakso.

4. Air bekas merebus bakso tidak dibuang tapi digunakan untuk kuah.  Rebus tulang sapi atau tetelan dalam air bekas merebus bakso.  Tambahkan air jika perlu.

5. Iris tipis bawang putih, lalu goreng hingga kecoklatan.  Uleg halus bawang putih goreng, masukkan dalam kuah bakso.  Tambahkan garam dan gula pasir.  Koreksi rasanya.  

6.  Masukkan bakso dalam kuah.  Tata bakso di mangkuk bersama mie, kecap, daun seledri, bawang goreng.


bakso menggunakan meatball powder

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar