» » » Cupcake Apel

27 Juni 2015

Mencoba untuk kali kedua resep cupcake apel.  Resep yang rekomen untuk dicoba.  Bau cupcakenya harum.  Manis cupcakenya pun pas ditambah segar buah apel.  Resep tersebut ditulis disini.  Foto step by step juga ada di postingan tersebut.


cupcake apel

Cupcake dibawa untuk takjil buka puasa di masjid Ar Rahman dekat rumah.  Seneng cupcake habis.  Semua orang ingin mencoba.  Lihat bapak-bapak bawa cupcake yang dibungkus tissue.  Mungkin tidak habis dan akan dibawa pulang nantinya.


Catatan penting saat buat cupcake yakni, suhu telur dan margarine harus suhu ruang. Jika telur dan margarine masih dingin dipaksakan untuk dimikser, maka adonan tidak akan menyatu.  Akibatnya cupcake kurang mengembang sempurna aliat bantat.


Cupcake dibuat 5 kali resep.  Kapasitas mikser tidak muat sehingga adonan dibuat 3 kali resep dan 2 kali resep.  Satu buah capcake ukuran besar.  Makan satu buah saja sudah cukup mengenyangkan.  5 kali resep didapatkan sekitar 51 buah.


Berikut dituliskan kembali resep Cupcake Apel


200 g gula pasir
2 buah telur
120 g margarine
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili

250 g tepung terigu
1/2 sdt baking powder
250 g apel kupas potong dadu

Cara membuat

1.  Miker gula pasir dan telur hingga mengembang sempurna.  Masukkan margarine, garam, vanili mikser hingga tercampur rata.  Matikan mikser.

2. Campur terigu dan baking powder.  Masukan terigu dan apel ke dalam adonan telur.  Aduk dengan sendok kayu.  Masukkan dalam wadah cupcake

3.  Panaskan oven sebelumnya suhu 180 C.  Panggang hingga matang kurleb 20 - 30 menit.


Cupcake diberi pemanis taburan gula palem.

Bahan taburan

70 g gula palem
1 sdm terigu
1 margarine
kayu manis bubuk secukupnya


Beri taburan cupcake sesuai selera, banyak atau pun sedikit.

cupcake dalam proses panggang


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: