» » Mihun Tanjung Morawa

16 Juni 2015

Di mana tanah di pijak, di situ langit di junjung.  Demikian dengan soal masak-memasak.  Di mana lokasi tempat tinggal, di situ pulalah menggunakan bahan-bahan lokal yang mudah diperoleh.



Mihun goreng


Mihun kesukaan Ahsan dan Shafa.  Mihun cap Harimau yang di produksi di Tanjung Morawa Sumut.  Biasanya mihun dimasak sebagai mihun goreng, atau hanya direbus untuk campuran makan soto.  Mihun dengan rasa enak, harga pun murah, 400 g hanya Rp 4000,-.  Mihun yang populer di Sumut.  Semua orang pasti tahu Mihun cap Harimau.


Sering mencoba berbagai alternatif bumbu untuk mihun goreng. Kemudian melihat respon rasa ke Ahsan dan Shafa.  Mereka suka dengan mihun dengan style rasa ringan dan tentunya tidak pedas.  Kalau ibunya ingin makan mihun pedas, tinggal menuangkan saus sambal.   


Catatan penggunaan kemiri untuk bumbu mihun goreng.  Kemiri membuat rasa mihun berat atau ada rasa seperti kebanyakan bumbu.  Saat menikmati mihun cepat menjadi eneg.  Akhirnya mihun tidak habis dimakan.


Berikut catatan bumbu mihun goreng merah dengan bumbu cita rasa ringan favorit keluarga.


Mihun Goreng Red Style

Bahan yang diperlukan


300 g Mihun Tanjungmorawa
1 sdm olive


11 ekor udang ukuran sedang
5 siung bawang putih
7 buah bawang merah
1 sdt garam
1/4 sdt bumbu kaldu
1/2 sdt terasi
2 sdm olive untuk menumis

1 sdm kecap asin
1-2 sdm saus tomat


Cara membuat

1. Rendam mihun cap macan dalam air dingin selama 30 menit.  Panaskan air agar mihun agak empuk.  Tiriskan mihun lalu siram dengan 1 sdm minyak olive atau minyak makan lain.  Catatan:  walau direndam lama mihun tetap terasa kaku dan keras.  


2.  Uleg halus: garam, bumbu kaldu, bawang merah, bawang putih, terasi.  Tumis bumbu dengan 2 sdm minyak olive, masukkan udang, masak hingga matang.  Masukkan mihun, aduk rata.  Tambahkan kecap asin dan saus tomat.  Cicipi rasanya.


3.  Mihun goreng siap  disajikan.  Jika ingin pedas, tinggal menambahkan saus sambal.



Mihun cap Harimau produksi Tanjung Morawa


Belajar fotography

Belajar memotret makanan.  Yang perlu diperhatikan dalam mengambil gambar adalah jumlah cahaya yang cukup.  Cahaya ini perlu dihalangi agar tidak menyebar.  Untuk itu diperlukan reflektor.



Saat mengambil gambar mihun goreng.  Piring diletakkan di atas meja, diberi lampu penerang, bagian sisi diberi latar taplak meja bahan dari bambu, kemudian sebagai reflektor digunakan nampan panggang.  Cara mengambil foto ala abal-abal....



Proses pengambilan foto Mihun


Dan hasil foto mihun sebagai berikut...







***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar