» » » » Rolade Tahu Daun Singkong

23 Juni 2015

Rolade daun singkong.  Baru pertama buat dan memakannya.  Enak banget.  Rolade dijadikan lauk sekaligus makan sayur.  Ditambah lagi, sayurnya daun singkong ala orang Sumut yakni pakai bumbu kecombarang dan buah rimbang.  Efeknya kenyang walau hanya makan nasi sedikit saja.  Nyam...nyam...



Rolade tahu daun singkong


Rolade menggunakan daun singkong khasanah keragaman hasil bumi tanah Sumut.  Daun singkongnya seperti jari tangan, panjang, kecil.  Orang Sumut  menyebutnya daun singkong jari.  Daun singkong ini rasa mirip dengan daun singkong biasa.  Kelebihannya daunnya lebih empuk walau dibagian yang agak tua.  Biasanya masyarakat menggunakan daun singkong ini untuk sayur ubi tumbuk.


Bagi teman yang tinggal di negeri dimana daun singkong adalah makanan surga.  Bisa dicoba nich daun singkong diganti dengan daun kohlrabbi.  Masih bisa buat masakan cita rasa Indonesia dengan bahan-bahan yang ada di sekitar.


Resep hasil browsing.  Inspirasi resep dari blognya mbak Diah Didi.  Rolade kemudian dibuat sesuai bahan yang ada di dapur.


Rolade Tahu Daun Singkong
Untuk 3 orang

Bahan yang diperlukan
100 g daun singkong
300 g tahu

1 buah telur
3 siung bawang putih
1 batang daun bawang
1/2 sdt bumbu kaldu
1/2 sdt garam
1 jumput merica bubuk

1 buah telur uk pelapis menggoreng
minyak goreng secukupnya

Kertas panggang dan alu foil untuk mengukus


Cara membuat

1.  Rebus daun singkong dalam air mendidih yang telah diberi 1 sdt garam hingga empuk.  Angkat daun singkong kemudian rendam dalam air kran lalu peras airnya.  

2. Hancurkan tahu, tambahkan bawang putih dan daun bawang rajang halus, garam, bumbu kaldu dan merica bubuk.

3. Ratakan adonan tahu diatas kertas panggang dan alu foil.  Letakan daun singkong lalu bungkus dengan ditekan agar tahu padat.  

4.  Kukus rolade selama 20- 30 menit.  Setelah dingin potong bulat.  

5.  Kocok 1 buah telur, tambahkan 1 jumput garam.  Celupkan rolade kemudian goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. 


Rolade daun singkong sudah jadi...enakkk..gurih dengan sensasi agak sedikit pahit dari daun singkong.



rolade sebelum digoreng


catatan tentang kertas panggang

Foto di atas menggunakan kertas panggang terakhir yang dibawa dari Jerman.  Kertas panggang jika dibuat mengukus tidak robek serta tidak lengket.  Kertas panggang warna putih, dengan permukaan licin saat disentuh.


Menggunakan kertas panggang yang dibeli di toko bahan kue di Medan.  Kertas benar-benar dari bahan kertas.  Saat dibuat mengukus kertas robek serta lengket di makanan.  Karena tidak punya daun pisang mau apalagi, terpaksa menggunakan kertas panggang tersebut.  Untuk mengakali agar tidak lengket ke bahan makanan, permukaan kertas panggang tersebut diolesi dengan minyak goreng. 


Waktu itu teman mengomentasi mengukus menggunakan kertas panggang.  Teman bilang tidak bisa karena kertas pasti rusak.  Nah sekarang ketemu jawabannya.  Kalau menggunakan kertas panggang yang di beli di Tegut Jerman, tidak rusak dan tidak lengket di bahan makanan.  Sebaliknya kalau menggunakan kertas panggang dari sini rusak.  Beda harga, beda kualitas pasti beda hasilnya.


***





«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar