» » » Rolade Mata Belok

19 Desember 2014

Mencatat lauk favorit keluarga.  Sebelum membuat lauk, biasanya bertanya dulu "mau dimasakin apa?".  Rolade Mata Belok ini salah satu menu yang sering diminta anak-anak.


Rolade Mata Belok

Dari puluhan resep yang dicoba, tidak pernah menghafalkan takaran bahan-bahan yang diperlukan.  Setiap kali mau memasak pastilah membuka kembali catatan.  Pernah suatu waktu, malas mencari-cari catatan.  Menakar bumbu asal dikira-kira saja.  Entah kenapa, hasil masakannya pasti kurang maksimal.  Ada rasa yang kurang pas.


Teknologi sudah maju.  Memasak di dapur pun disertai gadget berbasis internet.  Mau masak apa tinggal buka search engine.  Laman yang dibuka catatan di blog sendiri atau masuk ke jejaring sosial memasak, Cookpad Indonesia.  Sudah beberapa bulan ini menggunakan fasilitas internet Indihome milik PT. Telkom.  HP, notebook, tablet tersambung otomatis ke Wifi.  Layanan internet Indihome bagus, patut diacungi jempol.  Kualitas internet cepat, jarang mati dan stabil.  Bukan promosi, hanya sharing pengalaman. Semoga kedepannya, pelayanan Indihome semakin bagus.  

#

Resep rolade dari buku masak yang lupa referensinya.  Resep sempat di sharing di Cookpad Indonesia link disini.  Resep rekomend untuk variasi lauk keluarga.

Rolade Mata Belok

Bahan yang diperlukan
1 kaleng kornet 198 g
150 g dada ayam potong dadu
2 lembar roti
60 ml susu cair atau santan instan
2 siung bawang putih goreng
3 siung bawang merah goreng
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula
1 butir telur

3 buah telur rebus
daun pisang untuk membungkus
minyak goreng secukupnya

Cara membuat

1. Rajang halus bawang merah dan bawang putih, lalu goreng hingga kecoklatan.  Rendam 2 lembar roti dalam 60 ml susu cair (santan jika tidak stok susu).  Rebus telur ayam, buang kulitnya.

2.  Masukkan dalam foodprocessor: dada ayam, kornet, bawang merah dan putih goreng, telur, roti tawar, garam, gula, merica bubuk.  Blender semua bahan hingga halus.

3. Tipiskan adonan kornet di atas daun pisang, letakkan telur di tengahnya, bungkus dan semat dengan lidi.  Kukus rolade selama kurleb 20 menit.

4. Dinginkan rolade, potong bulat lalu goreng sebentar dalam sedikit minyak dengan api kecil.

Bahan rolade diblender hingga halus, diisi dengan telur rebus, dibungkus daun lalu dikukus hingga matang



Rolade mata belok favorit keluarga


Rolade Mata Belok yang dibuat beberapa waktu sebelumnya
***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar