» » Uleg bawang with easy ways

2 Januari 2016


bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih, dua bumbu wajib yang selalu dipakai dihampir setiap masakan.  Masakan sederhana seperti telur dadar, hingga masakan dengan tingkat kesulitan tinggi seperti rendang selalu menggunakan bawang.


Salah satu cara menghaluskan bawang dengan diuleg.  Ada cita rasa unik bumbu yang dihaluskan dengan diuleg.  Masakan yang dihasilkan pun menjadi lebih gurih dan enak.  Cita rasa bumbu uleg lebih baik dibandingkan bumbu yang dihaluskan dengan diblender. 


Kelemahan menguleg jika memasak jumlah banyak.  Menguleg bumbu membutuhkan banyak tenaga.  Lebih praktis memang menggunakan blender.  Sebaliknya jika hanya memasak porsi kecil, lebih praktis menggunakan ulegan.  Cobek lebih mudah dicuci dan dibersihkan dibanding peralatan blender.  Menggunakan cobek atau blender dalam menghaluskan bumbu, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.



Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih kupas saat diuleg menggelinding tidak tentu arah.  Bawang coba digenjet dengan ulegan eh si dia meloncat tinggi hingga jatuh ke lantai.  Coba ditambahkan garam untuk membuat kasar permukaan bawang dan cobek pun bawang masih lari ke sana ke mari.  


Ada cara mudah menguleg bawang.  Bawang merah dan bawang putih diiris kasar terlebih dahulu baru di uleg.  Bidang permukaan bawang menjadi lebar sehingga tidak tergelincir saat diuleg.  Menambahan garam membuat kasar ruang antara bawang dan cobek sehingga bawang lebih mudah untuk dihaluskan.



bawang diiris kasar terlebih dahulu baru diuleg


Ada teori dalam menghaluskan bumbu menggunakan cobek.  Teori dari ibu.  Haluskan terlebih dahulu bumbu yang paling susah halus yakni ketumbar, jintan dan merica butiran.  Setelah itu bumbu yang medium tingkat kesusahannya untuk dihaluskan seperti cabai, kunyit, kencur, jahe, dan kemiri.  Bawang merah dan putih paling mudah dihaluskan jadi diuleg paling terakhir.  Selalu gunakan garam secukupnya agar proses menguleg menjadi mudah.



Bumbu halus berisi ketumbar, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah dan bawang putih

Saat menguleg bumbu seperti di foto atas.  Yang pertama dilakukan adalah menghaluskan ketumbar dengan garam.  Setelah ketumbar hancur selanjutnya melembutkan kunyit, jahe dan kemiri.  Setelah semua bumbu tercampur rata, selanjutnya bawang merah dan bawang putih rajang kasar diuleg hingga rata dan halus.  Aroma bumbu keluar sempurna dengan ditumis dalam sedikit minyak goreng.  Bumbu ayam kecap untuk kuah mie ayam yang luar biasa enak.  


****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar