» » » » Lontong Sayur Nangka Plus-Plus

21 Februari 2016

Bissmillah...

Suka banget dengan sayur nangka.  Ibu dulu sering memasak karna tinggal petik nangka muda di halaman.  Ibu memasak apa yang ada di pekarangan alasannya sederhana, tidak usah beli, seperti: daun singkong, bayam, kecipir, lembayung (daun kacang panjang), lompong (batang keladi hijau), rebung, kembang turi, kacang pajang, daun pepaya dan daun pace (mengkudu).  Sayur-mayur yang dimasak ibu dulu hingga kini tetap jadi favorit.

Mencoba memasak nangka muda, tidak menggunakan resep ibu tapi memadukan rasa yang pernah dicicip.  Inspirasi "Lontong Sayur Nangka Plus Plus" dari pernah makan gudeg Jogya dan resep yang diposting teman di Cookpad Indonesia.


Sayur nangka spesial karena menggunakan kulit sapi goreng dan gula merah yang dibeli di pasar dekat Tugu Yogyakarta beberapa waktu lalu.  Entah apa nama pasar tersebut?  Yang jelas gula merahnya berbentuk setengah lingkaran dan rasanya enak... Beruntung sekali punya gula merah tersebut  karena susah mencari gula merah/gula jawa yang bagus di Medan.


Lontong Sayur Nangka Plus-Plus

Lontong Sayur Nangka Plus-Plus

Bahan yang digunakan

1 kg nangka muda
1 butir kelapa
200 g tetelan ayam (leher dan sayap)
100 g kulit sapi kering 
4 butir telur

6 lembar daun salam
2 ruas lengkus geprek

Bumbu Halus
150 g bawang merah
60 g bawang putih
1,5 sdm ketumbar
10 butir kemiri
1 sdm terasi

50 g gula merah/gula jawa
1 sdm garam

Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Lontong secukupnya beli di pasar Simpang Limun Medan

Cara memasak

1.  Rebus nangka muda dengan air secukupnya hingga empuk.  Sisihkan air rebusan nangka.

2.  Parut kelapa, tambah dengan air rebusan nangka lalu peras santannya.  Santan pertama disisihkan.  Tambahkan kelapa parut dengan air biasa hingga santan encer dirasa cukup. 

3.  Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri dan terasi.  Catatan karena memasak porsi lumayan agak besar, bumbu dihaluskan dengan blender.  Bumbu diberi santan pertama agar mudah halus.

4. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng secukupnya, masukkan tetelan ayam lalu lanjutkan menumis hingga bumbu benar-benar matang.  Catatan: bumbu matang kunci masakan enak dengan rasa sempurna.

5. Sementara itu, rebus telur selama 7 menit, rendam air dingin lalu kupas.

6.  Rebus nangka dengan santan encer.  Masukkan telur rebus, tumisan bumbu beserta tetelan ayam, kulit sapi yang sudah direndam, daun salam, lengkuas geprek.  Setelah mendidih dan rasanya enak, masukkan santan kental.  Aduk terus santan agar tidak pecah hingga nangka mendidih kembali.

7.  Penyajian, tata lontong dalam mangkuk, tambahkan telur, kulit sapi, nangka dan taburan bawang goreng. 



proses memasak



Lontong Sayur Nangka Plus-Plus





Lontong Sayur Nangka Plus-Plus


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar