» » Blackforest Hias Biene Maja

10 Februari 2014


Black Forest Cake Yang Dihias Lebah Maja



Belajar membuat cake dari buku dan youtube.  Saat melihat video cara menghias cake di youtube, selalu terpesona dengan cake warna putih dan terlihat kaku.  Sisi cake bisa tegak lurus, dan roset bisa mengulir sempurna.


Alkhamdulillah sudah lumayan bisa membuat cake seperti yang dilihat di youtube dulu.  Proses belajar dengan metode try error.  Tidak langsung bisa, dan membutuhkan waktu lama.  Sedikit demi sedikit sampai mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.


Ingin menuliskan pengalaman, barangkali ada orang seperti saya, tidak harus try error begitu lama untuk mendapatkan cake seperti foto di atas.


Cake yang dihias adalah blackforest.  Cake ini berasal dari Jerman dengan nama schwarzwaldkrischtorte.  Cake terinspirasi dari hutan hitam di negara bagian Baden Wuerttemberg.  Cake yang relatif mudah dibuat.  Sponge cake disiram dengan air buah cery awetan, diisi dengan cery dan ditutup dengan sahne atau wheapped cream.  Bagian atas biasanya diberi hiasan cokelat serut.


Beruntung belajar membuat blackforest di negeri asalnya.  Dalam artian bahan-bahan mudah didapatkan.  Melihat resep blackforest dari teman-teman di tanah air.  Resepnya sangat berbeda dengan resep di Jerman.  Apakah mungkin buah awetan cery susah di dapatkan di tanah air lalu dicari cara lain agar cake seperti blackforest yang asli?  Belum tahu jawabannya...


Blackforest ini tipikal cake Jerman.  Ringan dengan isian buah dan diselimuti wheapped cair.  Kebanyakan cake Jerman bertipikal seperti blackforest ini hanya beda buah yang digunakan.  Orang Jerman suka cake yang ringan atau hanya dihias dengan wheapped cream.  Mereka tidak suka cake yang terlalu berlemak seperti yang dihias dengan buttercream.  Buttercream mereka (Jerman Buttercream) diakali dengan menambahkan pudding agar tidak terlalu berlemak.  Wajar saja, karena mereka kebanyakan langsing. Tiap sore selalu olah raga.  Walaupun salju tebal, di jalanan banyak laki-laki atau perempuan olah raga lari. Juga saat melihat mereka di kereta api.  Camilan di jalan mereka pun sehat, buah apel atau wortel mentah...



Black Forest Cake Berhias Biene Maja


Blackforest diselimuti wheapped cream.  Wheapped cream yang bisa digunakan untuk menghias cake ada 3 macam.

1.  Wheapped cream segar atau sahne/schlagsahne segar.  Sahne segar dijual di supermarket di lemari pendingin.  Biasanya gelas sahne bervolume 200 ml atau 250 ml.

2. Wheapped cream cair awetan.  Sahne dibungkus karton tetrapak, volume 200 ml. Masa kadaluwarsa Sahne lebih lama.

3. Non Diary Wheapped cream, bentuk bubuk.  Cream di mikser dengan menambahkan susu cair.  Merk yang saya tahu di Jerman ada dua: RUF Schalgcream dan Real Schlagcream.  RUF dijual di Tegut, Kaufland.  Sedangkan Real Schlagcream hanya dijual di supermarket Real.  Dari segi warna dan rasa, saya lebih suka RUF.  RUF lebih putih, lebih kaku dan rasa cenderung tawar.


Ada satu lagi wheapped cream langsung pakai, dikemas dalam tabung.  Hanya saja belum pernah mencobanya untuk menghias cake.  Paling beli hanya untuk dimakan bersama es cream atau pancake.


Dari 3 jenis wheapped cream tersebut, rasa yang paling enak berturut-turut dari no 1 (Sahne segar), kemudian 2 (Sahne tetrapak) dan 3 (Non Diary Wheapped cream).  Untuk soal kaku dan penampilan cake yang paling bagus adalah Non Diary Wheapped cream merk RUF.


Untuk mengakali agar cake enak dan penampilan bagus.
1.  Isian dalam cake digunakan Sahne segar atau tetrapak
2.  Lapisan luar cake digunakan RUF non diary wheapped cream.


Memikser sahne agak gampang-gampang susah, terutama sahne segar dan tetrapak.  Caranya, sahne harus dingin betul, disimpan di lemari es semalam. Wadah untuk memikser harus berbahan steinless steel.  Simpan panci steinless steel dan mata mikser sebaiknya semalam di lemari es.  Terkadang malah mata mikser saya simpan 1-2 jam di freezer sebelum digunakan.  


Saat memikser sahne segar dan tetrapak, gunakan kecepatan rendah, terus, strabil atau tidak menurun-naikkan kecepatan, hingga tingkat kekakuan yang diinginkan.  Waktu yang dibutuhkan sekitar 15-20 menit.  Cara memiker sahne tersebut adalah cara saya.  Pernah cari cara memikser sahne di youtube ada banyak ragam.  Yang penting tujuannya sama.  Sahne bisa kaku cantik.


Satu wadah sahne bisa ditambahkan 1 saset sahnefest (bubuk pembantu mengkakukan sahne) dan 1 sdm gula bubuk.


Untuk memikser RUF relatif mudah.  Bubuk RUF dicampur dengan susu dingin.  Susu juga sebaiknya yang sudah disimpan semalam di lemari es.  Campurkan susu dingin dan bubuk RUFF.  Mikser dengan kecepatan rendah.  Setelah itu mikser dengan kecepatan tinggi hingga tingkat kekakuan yang diinginkan.


Video cara membuat bunga terompet untuk dekorasi black forest 






Berikut resep blackforest 

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Cake Dasar
7 buah telur
250 g gula pasir
60 g butter atau margarine
150 g tepung terigu
50 g tepung maizena
50 g cokelat bubuk

Isian

1 gelas 820 ml buah cery awetan
40 g gula pasir
1/2 batang kayu manis
2 sdt tepung maizena

400 ml sahne segar
1 saset sahnefestiger
1 karton RUF (isi 2 buah @ 40 g) non diary wheapped cream
4-5 sdm gula bubuk


Hiasan

Bunga dan lebah Maja dari bahan fondant


1. Cara Membuat Cake Dasar
Lapisi bagian bawah loyang ukuran diameter 26 cm dengan kertas roti.  Sisi pinggir loyang diolesi dengan margarine lalu ditaburi merata dengan tepung terigu.


Didihkan air dalam panci.  Ambil satu panci lain, isi dengan telur, gula pasir.  Mikser telur dan gula di atas air mendidih hingga warna sedikit pucat.  Angkat panci dari air panas lalu letakkan di meja.  Mikser terus telur dan gula hingga 8 menit.


Panaskan oven terlebih dahulu suhu 190 C.


Lelehkan butter atau bisa juga diganti dengan margarine.  Hanya saja dari segi rasa, cake lebih enak jika menggunakan butter.



Campurkan tepung, maizena dan cokelat bubuk.  Masukkan campuran tepung ke dalam adonan telur sambil di ayak.  Aduk menggunakan sendok kayu saja.  Masukkan butter leleh, sambil terus diaduk dengsn sendok kayu.


Tuang adonan dalam loyang.  Panggang di oven bagian tengah, selama 30 - 35 menit.  Cake sebaiknya disimpan satu malam sebelum dihias dengan sahne


2. Cara Membuat Isian Cake

A. Buah Cerry

Pisahkan cerry awetan dan air buahnya dengan cara disaring. Air buah ditambah 40 g gula pasir, kayu manis lalu dimasak hingga mendidih.  Larutkan 2 sdt tepung maizena dengan sedikit air.  Masukkan maizena dalam air buah.  16 buah buah cery disisihkan untuk hiasan.  Bisa juga hiasan tidak menggunakan cery tapi menggunakan bahan lain seperti fondant.  Masukkan sisa buah cery ke dalam panci.  Didihkan kembali air buah.  Angkat panci dari kompor. Dinginkan.


Resep sudah pernah ditulis sebelumnya.  Ditulisan terdahulu terdapat foto cara dan bahan black forest cake
http://catatanbelajarmasak.blogspot.de/2012/10/blackforest-atau-schwarzwaelder.html



Membuat cake dasar dan isian buah cerry hari ini,  keesokan harinya memikser sahne dan menata cake


B. Memikser Sahne dan Menata Cake

Dinginkan susu cair, 2 wadah sahne segar (400 ml), panci steinless steel dan mata mikser semalam di lemari es.


Masukkan sahne segar dalam panci.  Mikser dengan kecepatan rendah.  Setelah agak kaku masukkan sahne festiger dan 2 sdm gula bubuk sedikit demi sedikit.  Memasukkan festiger dan gula bubuk sambil sahne terus dimikser.  Mikser hingga sahne kaku.


Masukkan sahne dalam piping bag besar.  Cuci bersih mata mikser lalu simpan dalam freezer.


Belah cake dasar menjadi 3 bagian.  Alasi meja putar dengan karton lalu beri kertas hias.  Letakkan bagian bawah cake di atas kertas hias.  Siram cake dengan air buah ceri. 


Masukkan sahne segar yang sudah dimikser dalam piping bag.  Semprotkan sahne bentuk melingkar, sisi luar, sisi dalam.  Tata buah cerry di antara lingkaran sahne.


Letakkan bagian tengah cake yang sudah dibelah.  Siram kembali dengan air buah cerry.  Semportkan merata sahne di atasnya.  Bagian atas belahan cake disiram dengan air buah cerry.  Letakkan di atas lapisan ke dua.


400 ml sahne dihabiskan untuk isian blackforest.


Selanjutnya memikser RUF non diary wheapped cream.  Panci bekas sahne dilap dengan tissue hingga bersih.  Masukkan 250 ml susu dingin dan 2 bungkus @ 40 g bubuk RUF.  Mikser dengan kecepatan rendah hingga sedikit kaku.  Siapkan gula bubuk disamping.  Mikser dengan kecepatan tinggi hingga kaku.  Masukkan 2-3 sdm gula bubuk.  Mikser hingga benar-benar kaku.  Lama memikser dengan kecepatan tinggi sekitar 7-10 menit.


Masukkan RUF sahne dalam piping bag.  Semprotkan merata melingkar di sisi atas cake.  Ratakan dengan palet siku-siku sambil memutar meja hias jika perlu.


Hias blackforest dengan fondant.


Berikut video menata blackforest dan menutupnya dengan sahne atau wheapped cream







"Terima kasih kunjungnya......"


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar